Jumat, 20 April 2012

Pantai Batu Lawang Karimunjawa

Nampaknya kita ber-5 sudah melakukan perjalanan cukup jauh ke arah daerah kemujan, itu artinya kita sudah melakukan perjalanan sekitar kurang lebih 25 km dari homestay yang kita tempati. Daerah ini berada di ujung utara di Pulau besar Karimunjawa yang berada dekat dengan bandara. Setelah melewati bandara tujuan pantai kita selanjutnya adalah mengunjungi pantai Batu Lawang, dengan dibantu peta RBI Karimunjawa yang kita punya dan dengan GPS akhirnya kita sampai di dermaga Batu Lawang. Sebenarnya lokasi pantai Batu Lawang juga dekat tapi
kita lebih memilih pengukuran kita lakukan di dermaga saja, maklum kondisi fisik yang sudah capek.

Pukul 14.54 kita segera melakukan pengukuran, di dermaga Batu Lawang kita melihat perahu nelayan yang terlihat kuno. Kata ms Jay, perahu itu milik nelayan milik suku Bajo yang katanya mereka sudah terbiasa hidup di tengah-tengah laut, misalnya mencari ikan selama 15 hari kemudian baru menepi ke daratan. Aku sampai terheran-heran, kok mereka bisa ya hidup ditengah-tengah laut padahal kita naik perahu mesin sederhana seharian saja pencernaan di perutku sudah ikut terkoyak-koyak ikut irama gelombang laut. Tentunya membuat tidak enak dan muntah lautan he he.
perahu nelayan milik suku Bajo
Pantai Batu Lawang terletak ( S 05047’16.9” E 110028’39.5”), dari pantai ini terlihat sejumlah 3 pulau kecil diseberang. Keadaan pantai Batu Lawang garis pantainya panjang, pasirnya putih dan halus sedangkan vegetasi yang menutupi di sepanjang garis pantai adalah pohon kelapa. Memang pohon
kelapa dilambangkan sebagai nyiur yang melamba-lambai di sepanjang pantai ini.
vegetasi kelapa berderet-deret di tepian pantai
Dermaga di Batu Lawang tergolong sebagai dermaga yang cukup besar dan bagus sehingga kapal besar pun bisa merapat ke dermaga ini. Warna biru selalu berada di sekeliling kita, dimana-mana biru subhanallah. Waktu itu kita sudah terlalu lapar jadi kita makan roti tawar yang kita bawa sebagai pengganjal perut.
trial binokuler aneh
Binokuler juga bisa berfungsi untuk melihat pulau diseberang sana, langsung aja dengan perbesaran lensa yang agak lumayan namun terbatas juga pandangan penglihatan dengan menggunakan alat tersebut kita amati pulau-pulau tersebut. Pulau-pulau yang terlihat kecil-kecil pasti di tempat itu menyimpan beribu keindahan. Indah nian tempat ini subhanallah.