Senin, 07 Mei 2012

Gowes Menuju Pantai Nirvana di Pulau Karimunjawa

Hari keempat, Kamis 12 April 2012 kita masih berada di Pulau Karimunjawa, rencananya tim kita akan dibagi menjadi 2 kelompok yakni 2 orang ke TNKJ, ke pantai Nirvana dan pantai Nyamplung Ragas, sedangkan 3 orang wawancara dengan penduduk. Nah aku dan pakTaka kebagian yang ke TNKJ dan 2 pantai yang belum diukur, and perjalanan waktu itu kita hanya sewa 2 sepeda gunung, yang dimana harga satu sepeda kita sewa @ 20.000 untuk sehari. Kalau bagi momon bersepeda itu adalah hal yang menyenangkan karena suka gowes juga, he he.
sepeda gunung yang kita sewa
Lumayan juga ngerasain perjalanan di Karimunjawa dengan sepeda, wuihh masih belum terbayang juga nanti medan yang akan kita lewatin seperti apa. Setelah semua bekal sudah siap kita segera ready untuk melakukan perjalanan, waktu menunjukkan pukul 09.30. Pertama kita kayuh sepeda di sekitar daerah dermaga, karena jalan masih datar jadikita ok-ok saja. Kemudian kita segera mencari lokasi TNKJ untuk mencari data yang ada. Wauww, ternyata jalannya menanjak juga, belum-belum udah dihadapin dengan jalan yang lumayan medannya. Akhirnya TNKJ ketemu juga, disapa dengan bapak penjaga yang ramah dan data kita dapatkan, hore.
gowes dalam perjalanan
Segera perjalanan kita lanjutkan ke Pantai Nirvana, sebenarnya pas waktu kita mau menyeberang ke Pulau Kecil, kita melewatin pantai ini, namun karena perahu yang kita naikin kemarin tidak bisa merapat karena ada karang penghalang jadi belum bisa singgah di pantai ini. Melalui GPS dan peta RBI yang kita bawa kita lanjutkan perjalanan dengan sepeda, ternyata jaraknya jauh juga. Apalagi medan jalan yang kita lewati naik turun ditambah terik panas matahari yang  menyengat tubuh kita. Benar-benar butuh energi ekstra kalau dengan menggunakan sepeda.
istirahat sebentar di pinggir jalan
Setiap perjalanan jalan naik kita harus menuntun sepeda maklum tak kuat, sehingga apabila ketemu jalan turun pun bak dapet bonus surga, ha ha. Istirahat sebentar perlu minum, and langsung buang saja itu sepeda, gubrakk dipinggir jalan kehausan. Setelah 10 menit istirahat melanjutkan perjalanan dan ketemu plang "Pantai Nirvana" wah-wah akhirnya kita sampai juga, cihuyy, sampai di pantai itu pukul 11.00.
sampai di Nirvana Lodge
Satu jam dalam perjalanan sepeda membuat badan terasa kelelahan, kemudian kita menyusuri jalan ke bawah menuju pantai ini. Wauww, sepertinya pantai Nirvana merupakan pantai pribadi, terlihat pantai ini sangat bagus dan bersih serta terpelihara. Ada hotel juga, tapi ketika kita sampai di pantai itu wisatawan yang ada kebnyakan adalah bule. Lah tuh, yang wisatawan domestik pada kemana, gak ada selain kita. Merebahkan badan di pantai Nirvana bagaikan melihat surga, teduh dinaungi nyiur kelapa yang indah banget.
dengan sepeda pun akhirnya sampai juga ke pantai Nirvana
Mungkin salah satu pantai di Karimunjawa yang berbeda adalah pantai yang satu ini, karena dari namanya aja udah beda "Nirvana" atau surga, bersih dan terkelola dengan baik, sehingga foto-foto di pantai ini menjadi suatu hal yang baik, ya karena tidak ada yang boleh dibawa pulang kecuali foto dan kenangan ketika nanti kita pulang dari tempat ini. Dengan cara timer pun aku bisa foto sendiri, sambil menikmati tempat ini.
mendokumentasikan diri di pantai Nirvana yang indah
Setelah itu waktu sekitar pukul 13.00 kita segera melakukan pengukuran dan segera melanjutkan perjalanan kembali ke tujuan selanjutnya yang tentunya masih menggunakan sepeda. Selamat tinggal pantai Nirvana, aku pernah menjejakkan kaki di pantai indah ini. Segera naik menuju jalan utama, gowes mengayuh sepeda dengan tiada hentinya.