Minggu, 18 Desember 2011

SEJURUS PIKAT DARI SULAWESI UTARA


“Apa yang ada di dalam benak Anda ketika mendengar nama Sulawesi Utara? Makanan khasnya yang unik, alamnya yang menampilkan pegunungan dan lautan sekaligus, atau menyelam dan menikmati kecantikan alam bawah lautnya?”

Dari pertanyaan diatas jawabannya bisa beragam, tergantung selera setiap orang yang menyambangi Sulawesi Utara. Soal makanan, jangan ditanya. Makanan khas Manado terkenal dengan kekayaan bumbu dan kemampuannya memikat lidah, sekaligus membuat berkeringat karena pedas. Di sini pulalah anda bisa menemui beragam makanan yang mungkin sebelumnya tak terbayang.
Beberapa tahun terakhir, nama Manado kian melambung berkat keindahan alam bawah lautnya. Apalagi kalau bukan Bunaken. Obyek wisata ini sudah lama dikenal dan menjadi primadona di provinsi tersebut. Keindahan taman laut dan satwa yang ada di dalamnya berhasil memikat banyak orang untuk berkunjung kesana.

Hal ini telah dimulai sejak tahun 1971, ketika namanya mulai melambung di antara pencinta dunia taman laut. Dua puluh tahun kemudian, tepatnya pada 24 Desember 1991, Soeharto (Presiden pada masa itu) meresmikan perairan Bunaken bersama perairan Pulau Manado Tua dan Siladen menjadi Taman Nasional Bunaken.
Pulau Siladen yang letaknya tak jauh dari Bunaken memang memiliki pemandangan yang tak kalah memukau. Melihat kekayaan dan keindahan berupa tanaman laut serta hewan yang ada di Bunaken dan Siladen tentu akan menjadi petualangan yang menyenangkan.

Pengalaman ini tentu menjadi lebih berkesan dengan adanya Pulau Manado Tua di wilayah tersebut yang menjanjikan pemandangan yang menarik. Menikmatu Gunung Manado Tua yang gagah dari kejauhan disertai hilir mudik perahu di perairan tersebut tentu menjadi pemandangan yang menyenangkan dan menjadi obyek foto yang menarik.
Jelas kunjungan ke wilayah ini tak akan lengkap jika tidak menyambangi keindahan alam yang ada di bawah perairan. Bagi para pehobi menyelam dan snorkeling tentu tidak akan berpikir dua kali untuk melakukan aktivitas tersebut.
Lantas bagaimana bagi mereka yang tidak bisa atau tidak ingin menyelam dan berbasah-basah di air? Tak perlu khawatir karena di sana disediakan pula glass bottom boat sebuah perahu yang berkaca di bagian dasarnya. Lewat kaca bening itulah keindahan alam bawah laut Bunaken dapat dinikmati. Terumbu karang, ganggang laut, serta satwa-satwa berwarna-warni yang ada di dalamnya tersaji dengan indah.

Setelah puas menikmati pemandangan tersebut, luangkan sedikit waktu untuk datang ke Pulau Siladen dan menikmati atraksi-atraksi wisata yang ada di sana. Atau bisa juga berkunjung ke beberapa obyek-obyek wisata di Sulawesi Utara yang unik, menarik dan tentunya saying kalau dilewatkan begitu saja. [ditulis dan ditambahkan dari Sumber: ADT kompas, 7/12/11]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar