Senin, 19 Desember 2011

PERSIAPAN BERSEPEDA MALAM HARI

Bersepeda pada malam hari cukup disukai beberapa orang. Cuaca yang tak panas dan lalu lintas yang tak terlalu padat menjadi beberapa pertimbangan. Namun, bersepeda pada malam hari, ternyata beda dengan bersepeda dengan siang hari. Nah, berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya anda persiapkan berdasarkan informasi dari Polygon Bicycle School.

1.    HELM
Pelindung kepala ini merupakan wajib dikenakan setiap saat anda bersepeda pada malam hari. Helm juga berfungsi melindungi kepala dari terpaan angin malam pada bagian atas kepala.
2.    LAMPU DEPAN
Alat ini berguna menerangi jalan di depan sepeda kita. Selain itu, juga bermanfaat sebagai informasi bagi pengendara lain di depan akan keberadaan sepedakita. Gunakan lampu depan yang cukup terang dan mampu menembus kabut atau asap.
3.    LAMPU BELAKANG
Alat tambahan ini berguna untuk menginformasikan keberadaan kita kepada pengguna jalan lainnya yang berada di belakang. Gunakan lampu berwarna merah dan memiliki tingkat keterangan yang cukup dan tak menyilaukan.
4.    REFLEKTOR
Peranti pemantul cahaya ini juga termasuk tepat bila digunakan sebagai tambahan lampu depan dan belakang. Reflector sangat bermanfaat sebagai informasi bagi pengendara lain mengenai keberadaan kita. Dua warna reflector yang lazim dipakai, putih untuk depan dan merah untuk bagian buritan sepeda. Bisa juga anda memilih busana berwarna cerah yang sudah dilengkapi dengan bahan reflector yang dikenakan selama bersepeda dalam kondisi gelap.
5.    TOOLKIT SEPEDA
Ini perlu, buat jaga-jaga apabila sepeda kita mengalami masalah di jalan. Pasalnya pada malam hari jarang ada bengkel untuk meminjami kunci sepeda. Lengkapi pula toolkit  ini dengan sendok pembuka ban, ban dalam cadangan, serta pompa ban mini.
6.    PAKAIAN
Kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat serta berwarna cerah dan menyala agar mudah terlihat. Rompi atau jaket tipis penahan dingin (windbreaker)  juga baik digunakan saat bersepeda malam hari. Kenakan glove (sarung tangan) yang memiliki reflector, sehingga bisa berfungsi sebagai informasi kepada pengendara bermotor lain saat kita hendak berbelok.
7.    BEL ATAU KLAKSON MINI
Gunakan bel sepeda saat ingin member tanda atau meminta jalan kepada pengguna jalan lainnya.
8.    MINUM
Meski tak cepat kehausan saat bersepeda di malam hari, usahakan untuk tetap mengonsumsi air secara berkala. Usai bersepeda, sebisa mungkin mengonsumsi segelas air hangat untuk mengondisikan suhu tubuh ke normal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar