Kamis, 29 Desember 2011

Pendakian Gunung Lawu (3265 m dpal)

Kala itu pendakianku dimulai dari kebimbanganku untuk ikut apa tidak. Akhirnya tekad dari pikiranku membawaku dalam pendakian itu. Kamis, 8 Desember 2011 sore hari, aku packing segera seperti biasa, mungkin di pendakianku ke gunung ke-4 ini, aku sudah terbiasa kebutuhan penting apa yang harus aku bawa. Pendakian ini di planning dan di ketuai oleh Anes, maklum dia lagi on fire dalam hal naik gunung. Tanpa searching informasi di internet, aku merasa penasaran seperti apa medan dalam pendakian nanti. Katanya gunung ini merupakan gunung terdingin di Jawa, tapi apakah benar? dan aku sedikit penasaran seberapa dinginnya temperatur di ketinggian itu.

Jumat, 9 Desember 2011, pukul 09.00 kita berkumpul di HMPG, ternyata yang ikut gak hanya sedikit, malah tambah personil-personil baru. Pendakian kali ini, aku merasa paling tua, yaa karena anak-anak Geografi  lainnya masih angkatan 2010. Jam 10.30 kita ber-15 beserta anggota PALAGA telah sampai di Lempuyangan. Langsung kita serbu tiket kereta Pramex, menurutku kereta ini merupakan kereta favorit ya hampir sama kayak kereta di Jepang atau Korea.

Seperti biasa kita harus menunggu datangnya kereta sambil bercanda dan bercengkrama hal-hal yang tidak bermutu. Ya begitulah anak-anak muda, memang indahnya masa muda. Aku rasa moment seperti itu harus diabadikan dengan foto-foto, termasuk menuliskan ceritanya pada blog ini. Aku percaya
semua orang bisa menulis, dan aku buktikan bahwa aku juga bisa walaupun tulisan yang aku buat kadang membingungkan juga. Aku ingat, "menulislah, maka kau akan ada". he he...

Turun di stasiun Balapan Solo, untungnya kita ketemu mas-mas yang kebetulan rumahnya Tawangmangu, jadi kita cari bis nya bareng. Alhamdulillah, dapet bis turun di terminal Tawang Mangu, langsung kita melanjutkan ke base camp Cemoro Kandang pake bis tuyul. Satu bis tuyul mampu menampung kita ber-15 plus karier kita yang besar-besar, memang umpel-umpelan sudah merupakan hal yang biasa.

Sampailah kita di base camp Cemoro Kandang, sesampainya di tempat ini udara sudah dingin banget. Belum lagi nanti kalo kita semua udah mendaki ke ketinggian 3000an bisa-bisa kita membeku kedinginan. Aklamasi tubuh ini selalu berusaha beradaptasi dengan suhu udara bagaimanapun. Lawu memang dinginn...

Perut terasa lapar, dan kita semua segera menuju warung makan di depan base camp.  Setelah kita kenyang makan kita segera menuju base camp untuk sholat dzuhur N ashar, ada rencana kalau kita mau mendaki pukul 16.00 sore. Menurutku memang itu merupakan pilihan terbaik karena perjalanan pendakian ke gunung Lawu memang panjang dan membutuhkan waktu sekitar 8 jam pendakian. Akhirnya kita semua packing dan segera memulai melakukan pendakian, yang selalu kita awali dengan berdoa bersama-sama.

Keceriaan wajah ke-15 orang masih terlihat di pancaran mimik wajah mereka, tapi tetep dengan selipan break untuk minum dan mengatur nafas pendakian pertama. Yang menyenangkan adalah joke-joke lucu dari teman-teman pendaki yang membuat perjalanan semakin menyenangkan.

Jalur cemoro kandang, memang jalur yang tidak berbatu jadi untuk sepatu yang tidak memiliki alas yang bergerigi siap-siap untuk terpeleset. Sepatu memang menjadi faktor pendukung utama safety-nya di dalam pendakian. Wajar kalau erosi sudah intensif terjadi di gunung Lawu, karena gunung ini sudah tidak aktif lagi. Jalan yang kita lewati merupakan jalan aliran air jika turun hujan, jalan lembah yang dalam perkembangannya disebut gully dalam geomorfologi.

Setapak demi selangkah kita lewati medan, akhirnya sudah 4 jam pendakian dan kita sudah melewati 2 pos pendakian gunung Lawu jalur Cemoro kandang, capeknya. Selain gelapnya malam,kita melewati igir jurang yang cukup curam, namun kita semua dikejutkan dengan keindahan bintang buatan kerlipan lampu kota yang ada di bawah. Subhanallah indahnya, kita juga bisa tau awan mendung yang berada di bawah kita dan kemudian menutup keindahan kerlip bintang-bintang lampu-lampu di bawah. It’s wonderfull.

Pukul 23.00 akhirnya setapak demi setapak kita temukan pos 3, namun telah ada 2 pendaki yang bukan kelompok kita sudah menempatinya umurnya pun sudah bapak-bapak. Kita ijin juga untuk singgah menempatinya, dan langsung kita buka kompor and buat mie karena perut harus perlu diisi karena laper dan kita butuh suplai energi. Kita makan dengan lontong yang kita bawa, hmm…nyammy. Suhu udara pun dinginn banget.

Ternyata 2 bapak-bapak yang tadi, sedang menunggu teman-temannya yang tertinggal di belakang. Salah satu dari temen bapaknya ada yang baru keluar dari rumah sakit, namun tetep nekat ikut mendaki Lawu yang entah tujuannya buat apa. Katanya juga, sakitnya ginjal lagi, haduhh obrolan pembicaraan kita dengan salah satu bapaknya tentang menyangkut politik dan pemerintahan di negeri ini, yang tentunya selalu berhubungan dengan hal yang sensitive membuat obrolan tidak menyenangkan. Tambah lagi si Jo yang membicarakan film Partai Anggaran Semua Untukmu atau (ASU), yang menambah suasana menyebalkan.

Di luar base camp ini aku menjamak solat maghrib dan isya, yang penting udah tenang kalau udah sholat. Pukul 24.15 kita melanjutkan pendakian kembali, ternyata pendakian masih terlampau jauh, tapi kita masih punya tekad untuk melewati medan yang meliuk-liuk memutari lembah yang panjang. Beruntung kita di ketinggian sekitar 3000 m.dpal melihat terang cahaya dari bulan yang romantis, indahnya. Selain itu tidak hujan juga, kaki, tubuh semua sudah tidak berdaya tapi yang jelas tekad kuat untuk melanjutkan pendakian selalu menyala membara. Pendakian kita lanjutkan.

Sampailah kita di Pos 4 sekitar 3.025 m dpal, posnya agak lumayan besar dan dapat untuk tidur tanpa harus mendirikan dome, idekupun muncul kalau dome buat alas tidur aja, akhirnya digelar dan tidur di sleeping bag. Tapi  dinginnya menusuk-nusuk tubuh, memang Lawu sangat dingin. Lagi pas mau tidur, eh Anes malah sesak nafas, ya kita kurang tau mau berbuat apa. Tapi aku coba tidur dan aku manipulasi rasa dinginku untuk hilang. Untuk Anes Cuma bisa kasih support aja buat dia.

Pagi hari, aku dibangunkan suara rintihan Anes yang katanya masih sakit dadanya, kemudian aku mengantarnya untuk bangun dan keluar pos. Wauww aku dikejutkan dengan keindahan padang ilalang yang menguning, sumpah padang ilalang yang aku lihat berada di sekelilingku cukup sangat mengagumkan.

Kemudian aku sholat juga di tengah-tengah rumput ilalang, dan berwudlu dengan embun. Kemudian semua mau melanjutkan ke puncak kecuali Sharwan yang tadi malem asma, Rian, N Anes yang merasa tidak kuat. Yaudah kita lanjutkan perjalanan ke puncak dengan membawa minum dan makanan aja.

Semakin menuju puncak hamparan padang ilalangnya semakin bagus, hamparan prairie-nya serasa di luar negeri. Indah banget.

Di tengah-tengah semak belukar yang membeku di suhu dinginnya gunung Lawu, sangat menyenangkan.

Di padang ilalang yang agak bawah terdapat pohon yang cukup bagus, foto-foto disana.

Kemudian kita melanjutkan perjalanan ke puncak kalau gak salah, nama puncaknya Hargo Dumilah, di sepanjang rute perjalanan menuju puncak banya hamparan tumbuh bunga-bunga edelweiss yang belum mekar tapi sangat indah.

Di ketinggian hampir mendekati pundak gunung Lawu ini, ternyata ada beberapa bukit yang cukup membingungkan, dan membayangkan bagaimana dulunya gunung Lawu ini di kala masih aktif, ya, karena saking gedenya.

Aku sama Yuli Cuma tinggal berdua karena udah disalip ma Jo, kita atur nafas untuk sampai ke puncak karena jalur yang kita lewatin udah batu dan kerikil. Akhirnya kita berdua bisa menyusul sampai puncak.

Kemudian foto-foto di puncak, sampai rasa capek kita hilang begitu saja, karena rasa bangga kita telah menakhlukan puncak Lawu.

Ketinggian 3265 m dpal bisa aku capai

Setelah puas, kita segera kembali ke Pos 4, karena kita harus segera mengisi perut, karena sudah super lapar. Sesampainya di pos aku ketemu Anes and menanyakan keadaannya gimana. Yaa..mungkin dia agak kurang puas juga karena tidak bisa sampai puncak, padahal dia tuh paling semangat. Don’t worry nes, itu pasti bisa dicoba lagi. Kemudian kita foto-foto di atas awan.

Karena view-nya malah bagus di Pos 4 karena bisa merasa di atas awan.

Kemudian kita segera buat mie tengah rumput ilalang. Kalau pas ini kita membuat menu mie yang agak special karena, ada campuran sarden, sosis and nyummy banget. Selain itu juga buat kopi ala dingin, pokoknya di makan juga pakai roti tawar, wah nyummy banget.

Segera kita packing untuk turun, dan kita semua memutuskan untuk melewati jalur Cemoro Sewu. It’s okay, malah kita bisa melewatin dua medan yang berbeda. Kemudian tak sengaja juga aku bertemu dengan Budi, aku kaget banget Karena sudah 3 tahun lamanya kita gak ketemu, dia merupakan temanku ketika seleksi di Madawirna tapi gak lolos. He he, malah kita ketemunya di gunung. Pertemuan yang sangat kebetulan, dan yang sangat membuat iri dia udah ndaki Semeru huaa…

Kita berjalan turun dengan seksama, hati-hati karena kita melewati medan yang berbatu dan berundak-undak. So, kaki kita harus seirama dalam mengatur jejak langkahnya.  Eits tak sengaja lagi malah ketemu Milka, dia sekarang adalah anak Menwa UNY yang juga sedang fisik ke Lawu, langsung aja aku, Budi dan Milka terheran-heran kok bisa ya, kita bertemu di Lawu, padahal kita dulu adalah calon warga Madawirna. He he, ya, itu udah merupakan kehendak Tuhan.

Ternyata perjalanan turun sangat begitu lama, jarak pos antar pos juga sangat jauh, capekk sekali rasanya. Kakikupun aku paksa untuk tetap kuat berjalan menapaki medan berbatu itu.

Haikk, sekitar seharian perjalanan turun jam 3.00 sore aku udah sampai di pos base camp Cemoro Sewu. Kemudian sholat makan, dan pulang menuju stasiun Solo Balapan.

Naik bis tuyul yang sumpekk sampai stasiun untuk mengejar waktu kereta pramex, untungnya dapet juga, kereta pramex memang menjadi pilihan kereta favorit. Dan kita menikmati perjalanan pendakian ini dan membawa sejuta cerita dan kenangan kembali ke Jogjakarta kota tercinta. Pendakian bersama Palaga yang menyenangkan. Bye.