Kamis, 24 November 2011

Penakhlukan Perjalanan Ke Gunung Gede Pangrango (Page 1)

“Setidaknya waktu perjalanan ini membuatku lebih mau belajar untuk memaknai kehidupan yang selalu mengandung kasih dan pesona-Nya”

Perasaan yang sama ketika aku memutuskan untuk mengikuti langkah pendakian, menguatkan keyakinan bahwa aku mampu dan bisa menakhlukannya, tapi selalu mendapatkan bayangan-bayangan imajinasi lain yang membelenggu. Namun aku tutup rapat-rapat bayangan-bayangan itu dan aku harus pergi untuk menyambangi puncak gunung itu yakni gunung Gede Pangrango.

Hari pertama Kamis, 10 November 2011
Merupakan start hari dimana aku dan mungkin ke-11 teman-temanku sudah menyiapkan untuk packing dan berangkat menuju perjalanan yang telah dinanti-nantikan. Semua rencana, registrasi, administrasi, keuangan, mental telah disiapkan secara seksama. Pukul 20.20 kita sudah harus stand by di stasiun rakyat kelas ekonomi di Lempuyangan, kelas kereta yang selalu jadi pilihan favorit, yang cukup suitable bagi anak-anak petualang seperti kami.

Kulihat dari seberang teman-teman sudah berkerumun di teras stasiun, ada Ms Bangkit, Ms Jibon, Ms Lukman, Ms Komeng, Ms Resi, Ms Warih, Deni, Riris, Mb Miphta, Mb Nia,  aku dan Anes yang datang paling akhir. Tentunya membuat kegelisahan hati temen-temen akibat keterlambatannya. Tapi tak apa mungkin hanya ada kesalahan teknis kecil, dan tentunya bisa diselesaikan.

Tiba-tiba kereta ekonomi itu menyapaku dengan jeritan gesekan relnya yang mampu mendesirkan dan memecahkan lamunanku. Perjalanan kali ini berbeda dengan sebelumnya, biasanya aku naik kereta ke arah timur, tapi kalau ini ke barat. Semuanya segera memburu tempat duduk, namun semua
kursi telah terisi padahal di tiket telah tertera nomor kursi. Ms Jibon pun segera menggunakan aji-ajinya untuk menduduki kursi yang memang merupakan kursi nomor kita. Menurutku sudah tidak wajar karena kapasitas kursi duduk untuk 6 orang dipakai untuk 8 orang. But it’s okay memang udah kondisinya seperti itu, kereta penuh berjejal berbagai orang ditambah pedagang SMS (Seneng Melu Sepur) yang tak pernah lelah wira-wiri dari gerbong satu ke gerbong yang lain.he…

Gerah, kesemutan, laperr, panas, ngantuk berkecamuk dalam diri kami masing-masing tapi kita mencoba untuk mengakumulasikan dengan semangat awal perjalanan kami. Sambil tarik nafas serta mendengarkan jocke-jocke yang nggak jelas dari temen-temen setidaknya membuat lama waktu di kereta berkurang. Sabar menunggu sampai turun di stasiun yang paling akhir yaitu Padalarang.

Hari kedua Jumat, 11 November 2011
It’s time 5.45 kita sampai di stasiun Padalarang semuanya turun kemudian sholat subuh di mushola, satu hal yang perlu diingat toilet yang tertulis Gratis tapi tetep aja kita dipungut biaya.he maklum… kita segera keluar dari stasiun kemudian jalan melewati keramaian pasar Padalarang, kita baru sadar kalau bahasa sunda sudah sayup-sayup terdengar dalam pembicaraan orang-orang di sekeliling. Dengan penampilan tas carrier di punggung mengalihkan perhatian orang di pasar untuk terpaku melihat rentetan 12 orang berjalan gontai beriringan.he…

Laperr, mungkin semuanya merasakan seperti itu akhirnya kita mampir di warteg yang setelah kita makan kenyang, harganya lumayan pas dengan menunya. Jam 8.00 kita segera memburu jalan besar, dalam keadaan perut kenyang kita jalan kurang lebih 2 Km menunggu Bus jurusan Cianjur Bogor Via Puncak, akhirnya ada juga kita kaget karena kita harus lari-lari mengejar bus. Perut mulek-mulek, karena mungkin reaksi perut yang baru mencerna ditambah jalan naik turun di Padalarang, wuekk untungnya bisa menahan muntah, kecuali Deni. Lama di bus sudah 2 jam tapi kita belum sampai juga, tapi kita sudah sampai di Cianjur, namun mulek-mulekku di bus telah diobati dengan hadirnya seorang pengamen yang berbeda dari yang lain. Tak tau kenapa, mungkin karena syair yang dibawakan adalah sholawat. Alhamdulillahh…

Jam 10.45 kita sampai di Cibodas, turun dan naik kol kuning untuk ke TNGP dan kita sampai di Balai TNGP yang sekilas kita lihat memang sangat bagus. Segera Ms Bangkit dan temen-temen cowok mengurus registrasi yang kita rasa prosedurnya agak ribet dan lebay. Namun kita harus memahaminya sambil menunggu diluar akhirnya finish juga.

Waktu yang sangat tepat jam 11.00 tanggal 11 bulan 11 tahun 2011 kita akhirnya sudah ada di TNGP. Temen-temen yang cowok sholat Jumat, dan cewek ber-5 menunggu di taman. Habis itu ikut mandi, karena udah seharian gak mandi.he…

Kemudian kita semua segera mencari base camp pendakian, namun gawat Ms Bangkit agak lupa. Yaachh kita akhirnya jalan kemudian sebelum tangga pertama kita dihadang tulisan selamat datang di zona konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Welcome-welcome…

Tulisan peraturan pun dipaparkan jelas dengan berbagai ketentuan, maklum TNGP memang zona konservasi bagi keseimbangan ekologis dan hidrologis di Jawa Barat. So, anggapan kita tentang TNGP lebay memang kurang benar, karena itu merupakan cara yang bagus untuk menjaga kelestariannya dan kita wajib mentaatinya. Sipp.

Melanjutkan deretan tangga kemudian terlihat rumah yang sepertinya merupakan base camp pendakian tapi di benak kita kok terlalu bagus. Karena tidak seperti base camp yang ada di gunung Jawa Tengah kita saling menyapa dengan orang di sekeliling kita. Surat kelengkapan kita pun dicek and ditanya kapan kita akan mulai pendakian. Akhirnya kita dianterin ke rumah Montana yang merupakan base camp pendakian Gunung Gede Pangrango bentuknya seperti rumah panggung dari kayu dan tentunya terasa lebih hangat. Mungkin kehangatan itu terasa dari sikap anak-anak Montana yang sangat ramah.he…

Kita berbenah, foto-foto dan laperr lagi pingin jajan siomay akhirnya beli tapi pingin cilok juga, haduhh. Emm gigitan pertama memang menggoda tapi selanjutnya sudah hambar rasanya. Tak tau…

Jam 16.00 kita balik ke Montana Hum’z, tiba-tiba mas-mas Montana nanyain kita cewek-cewek ber-4 (aku, Riris, Mb Nia, and Mb Mifta) udah jalan dari mana aja nie. Kita bilang kalau kita belum kemana-mana, langsung kita diajakin untuk ke air terjun Ciwalen. Langsung tanpa komentar kita segera mengikuti langkah jejak 3 orang guide Montana yang ramah abis.

Jalan menuju air terjun Ciwalen kita harus melewati Kanopi Trail sejenis jembatan gantung yang wonderful  banget. Kalau ngeliat bawah udah berdesir apalagi kalau pas dilewatin goyang-goyang, lumayan bisa memacu adrenalin. Sayangnya Anes gak ikut, tak tau dia pergi kemana. Jembatan ini maksimal dilewatin 5 orang jadi harus sabar, nungguin jalan yang depan.

Wuihh, akhirnya dari jembatan kita lanjut segera menuju air terjun Ciwalen. Sambil jalan kita diterangin semua vegetasi yang ada dan tentunya dikonservasi. Memang perlu diakui karena hutan disekeliling kita merupakan hutan hujan tropis basah yang berlumut hijau karena lembab dan banyak sumber air. It’s really good.

Diburu jam 17.00, Bang Cole dari tadi cerita sambil ngambil foto-foto buat kita. Kemudian kita segera berjalan cepat karena terburu gelap dan kita ditakut-takutin akan hadirnya macan tutul. Hii menakutkan, kita jalan cepat sambil ngos-ngosan untungnya kita udah sarapan pakai siomay & cilok yang kenyal. He…

Melewati area taman pemandangannya nan indah, ketemu Balai LIPI foto lagi.

Langsung sampai Montana Hum’z kita bercerita dari mana kita, he he Anes pun ada. Yang katanya dia merasa sebel karena just sendirian and nggak ikut. Yaach sayang,, but tak ape kita punya cerita yang berbeda…

Sholat ashar, kemudian kita masak bareng, memang pas kita nyampe di base camp tercium bau gosong, ternyata menanak nasinya hampir gosong. Untungnya masih bisa diselamatkan. Kita cewek-cewek masak orekk tempe, mie goreng dan sambel tomat.

Selesai masak langsung dengan jumlah kurang lebih 20 an orang, bareng-bareng menyantapp habis makannya. Hmm.. enaknyo. Setelah kenyang, sholat isya ngobrol and jam 21.00 kita tidur di Montana Hum’z yang nyaman. Karena hari Sabtu besok kita mulai pendakian. Good nigt everyone…