Rabu, 05 Oktober 2011

Jejak Perjalanan Escarpment di Sand Dunes Gumuk Pasir Parangtritis

Tahun 2008, awal menjadi Mahasiswa Baru di jurusan Pendidikan Geografi ada pengumuman, bahwa Maba Geografi wajib mengikuti Escarpment. Yaa...dari kemelut pikiran kami, penuh bertanya-tanya apa itu Escarpment? Apa rangkaian acaranya? Terus kenapa wajib?

Setelah mengikuti pembekalan-pembekalan dan TM setidaknya tau juga apa itu escarpmet, dengan barang-barang yang harus dibawa. Waktu itu aku masih ingat kelompok Escarpmentku dulu namanya "Karst" kelompoknya terdiri dari aku, Dimas, Inayah, Dita, Suci, Pak Taka, Riang, Cendekia, Edi and yang lainnya aku udah tak ingat sapa lagi. Medan yang kita lewatin yaitu Baturagung Range dan Gunung Sewu,, huuhh capeknya. Dapet plonco juga, he he lumayan berkesan. he h...

Tahun 2009, yaa...karena  waktu itu momon jadi Kabid PPO HMPG sehingga aku ikut menjadi panitia Escarpment. Nah di tahun 2009 bentuk jalur lintasannya dirubah, yang tadinya susur bukit dan gunung dirubah menjadi
susur pantai. Sepertinya ada perkembangan yang bagus pada escarpment kali ini. Momon kebetulan berperan jadi orang baik disini, karena jadi P3K. he h...

Yang kagak nahannya itu melihat anak-anak angkatan 2009 yan lagi dilatih mentalnya oleh kru mas-mas 2007 NR, yang tentunya sumpahh galak banget.


Tahun 2010, masih berlanjut mengenai Escarpment. Yaa, karena acara ini merupakan acara rutinan tiap tahun yang tentunya gak boleh dilewatkan. Pada tahun itu merupakan pengalamanku ketika aku jadi Sekretaris HMPG, yaa aneh juga. Ikut Escarpment, aku ditunjuk sebagai Koordinator Sie P3K (lagi-lagi berperan jadi orang baik:he). Padahal diajang Escarpment waktu itu aku pingin memiliki peran antagonis seperti layaknya ms Ragil, ms Erfan, ms Resi N ms Nipong cs lainnya, kayak ms Umar juga.he h
Nah kalo di Escarpment ini aku ikut jalan Full, dari Pandansari-Samas-Naik Perahu-Pantai Depok-Sand Dunes Barat-Geospatial-Sand Dunes Timur-Pantai Parangkusumo. Yaa...dalam perjalanan ada yang kram kaki, kram perut dan lainnya. Tapi kotak P3K warna hijau itu selalu siap di pinggangku, he h. Salut juga dengan anak-anak Geo 2010 yang pada semangat N gak banyak yang sakit.

Nah di Escarpment kali ini Anes, Icha, anak-anak Geo08 banyak juga yang ikut.

Tahun 2011, tepatnya tanggal 1-2 Oktober kemarin, Escarpment masih menjadi ajang yang sangat menarik bagi ankatan tua maupun angkatan sedang. Dari 2005 yang selalu eksis sperti ms Umar, ms Jo, ms Bangkit, ms Jibon, ms Sulis. 2007 yang selalu eksis seperti ms Hoho, ms Ragil, Resi, Nipong, and lainnya. 2008 seperti Dimas, Dono, Wance, mama Romad, Papa Jo, PakTaka, Eno, Riang, Abenk, Simes, Umam aku, N Anes.

Yaa, karena udah ngerasa tua akhirnya aku dikasih tugas untuk jaga Pos 2 yaitu Pos P3K. Karena persiapan insidental jadi mensetting peran di Pos 2 juga dadakan. Ada aku, Anes, ms Jo, ms BeJo, Muji, Kiki, Sulung, and Riskek. Sebelumnya kita bersama-sama mencari kayu dan ranting kering untuk dijadikan api unggun, biar ada kerlip cahayanya.

Sambil menunggu nyala api, jadi kita menyetting materi apa yang akan kita berikan ke Maba. Pada acara Escarpment kali ini di Pos P3K pu akan dibuat suasana tegas jadi gak santai. Ternyata dari kejauhan sudah ada kedipan cahaya senter, itu artinya udah mau ada kelompok maba yang mau sampai ke Pos 2.


Trial pertama yang menanganin adalah ms Jo dan kita semua cuma memperhatiin dan diam. Kemudian untu kelompok berikutya diserahkan ke giliran kita. Yaudahh, berarti Escarpment kali ini memang udah jatahnya berperan antagonis. Teriak-teriak, akhirnya jam 2 dini hari selesai juga. Kemudian kita semua langsung menuju Geospatial aku N Anes tidur dengan matras dan Sleeping Bag untuk berdua.

Pagi bangun langsung foto-foto dengan temen-temen, he h.


Kemudian kita nyusul ke Bukit pasir Sand Dunes pos evaluasi terakhir. He he lucu juga ngeliatin Maba di kerjain.


Sekitar jam 8 nan setelah makan pagi Jo, Wance, Dono, mama Rohmad, aku, Anes bareng-bareng ke ka'bah. Yaa akhirnya kita mampir dan foto-foto.



Buat bintang circle juga, he h.




Setelah itu anak-anak ada planning juga mau mampir kerumahku, tadinya rencananya hanya 6 orang, tapi karena Dimas ngajakin temen-temen NR juga jadi sekitar 20an orang semuanya ikut mampir kerumahku.


Terimakasih kawan karena telah mampir ke tempatku.
Jangan kapok ya?? He h 

7 komentar:

  1. hhh..nama Jo kurang lengkap min..harsnya PAPA JO. kan wong ada MAMA Rohmad.kkk. oya q dulu memposting escrapment thun 2010..lht deh yg 2010, blmn oktober

    BalasHapus
  2. hah ha..iya nes,
    Ohh yang escarpment 2010 km juga posting to?ok-ok nanti tak cek,,sipp..h

    BalasHapus
  3. lohhh... aku mbiyen sak kelompok karo kowe to???

    BalasHapus
  4. Paktaka@ hah ha, mosok kwe ki ra kelingan to pak? kwe kan dadi ketuane...Selalu dadi Ketua!?hu hu

    BalasHapus
  5. HEHEEHE...saiki lagi dibuktikan tanggungjawab yg sebenarnya Min... kapan2 aku pgn ketemu koe cerito akeh

    BalasHapus
  6. amadaffa@ walahh pak,, cerita yang penuh belenggu berat pemikiran..but, itu adalah pilihan jalan yang terbaik..Sure, Ofcourse You can...belive it!

    BalasHapus