Selasa, 07 Februari 2012

Tajamnya Karang Pantai Ngobaran

Menghilangkan rutinitas sejenak dengan menyambangi karang pantai yang terjal dan curam di Pantai Ngobaran yang menakjubkan. Gunung Kidul memang merupakan kabupaten yang berada di wilayah provinsi Yogyakarta yang lagi gencar-gencarnya mengembangkan dan mengoptimalkan daerah ekowisatanya. Berbagai sektor ekowisata apapun terutama warisan karst dunia yang menjadi andalan khasnya kabupaten ini, karena kita tahu sebagian besar dari wilayah ini adalah lahan karst. Apabila membicarakan soal pantai, aku pikir gunung kidul memiliki nominasi pantai pasir putih yang menakjubkan dan patut dikunjungi. Deretan pantai sepanjang Samudera Hindia dari ujung Barat sampai Timur banyak beberapa pantai yang sangat memukau.
batu karang pantai Ngobaran

Pada kesempatan waktu itu aku berkunjung ke pantai Ngobaran, jika dikaji dari bentuk geomorfologinya pantai Ngobaran tidak memiliki pesisir hal ini dikarenakan air laut langsung dibatasi oleh cliff atau relief karang yang
tinggi yang langsung berbatasan dengan samudera (escarpment). Jadi jika ingin menyentuh air laut kita harus berjalan ke bawah menyusuri relief cliff dan melewati karang-karang batu yang terjal dan curam.

So pasti, dengan morfologi pantai yang seperti itu pastinya pengunjung yang datang susah untuk berenang, karena banyak karang dan pantai ini tidak memiliki pesisir. But it's okay tetep gak kalah dengan view pemandangan yang ditawarkan. Kita bisa lompat-lompat dari batu karang yang satu ke batu karang yang lain, tapi tetep harus ekstra hati-hati. Selain itu jika menelaah pada air di sela-sela karang biasanya banyak penghuni mikroorganisme di situ yang kecil-kecil dan lucu-lucu pastinya. Ikan wana-warni dan makhluk kecil lainnya, it's great.

Ketika aku berada di celah-celah karang aku membayangkan nantinya ketika aku benar-benar bisa mengunjungi suatu pulau kecil yang dibatasi langsung oleh laut dan karang-karang pantai, aku membayangkan tempat ini aku imajinasikan seperti itu. Karang-karang yang sangat keras yang dihantam oleh kerasnya ombak samudera yang tak henti-hentinya menerpa. Deburan samudera Hindia itu mendayu-dayu di telingaku, kemudian aku terbangunkan dari imajinasiku, ternyata manusia memang kecil dihadapan-Nya.

Kemudian view point yang paling indah adalah kita harus naik dan menapaki ketinggian relief yang menjulang keatas, nah dari sini kita bisa melihat hamparan laut selatan yang membiru nan indah yang cukup kontras dengan warna relief yang membatasinya. Mungkin satu kata yang cocok adalah amazing, really good. Intepretasi pemandangan yang cukup menarik pada kalbu sanubari masing-masing yang sedang melihatnya.
pantai yang langsung berbatasan dengan Clift

Satu hal lagi yang menjadi ciri khas pantai ini yaitu adanya patung-patung yang mirip stupa atau candi yang disekitarnya banyak dikasih sesaji dan bunga, aku pikir juga mungkin dulunya tempat ini merupakan tempat yang pernah dipakai sebagai tempat sakral pemujaan . Atau kurang tau juga sih, hampir mirip kalau kita sedang berada di Bali, ada juga batu yang diiketin kain kotak-kotak hitam putih. Ya mungkin ada hubungannya dengan apa aku kurang tau juga sih, tapi pantai Ngobaran ini memang bagus dan perlu anda kunjungi tentunya.

2 komentar:

  1. hhhh...dah lama bgt baru diposting ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. mumpung lgi seneng posting, cari bahan yg masih inget, n manfaatin internet gratis setiap saat nes,,hah ha ha

      Hapus