Jumat, 10 Februari 2012

Setajam Keindahan Pantai Siung

Perjalanan tiada habisnya ketika mendengar kata-kata pantai di Gunung Kidul, kali ini pantai yang perlu disinggahi adalah Pantai Siung. Jika kita mengkaji mengenai namanya, kenapa pantai itu dinamakan sebagai Pantai Siung, apa karena bentuknya mirip dengan siung drakula atau bahkan siung vampir. Namun ketika berbicara mengenai pantai Siung pantai ini merupakan panorama pantai yang memiliki scenary yang indah tiada taranya. Pantai Siung memiliki pesisir pantai yang lumayan luas, walaupun masih diapit oleh dua karang pantai yang tinggi menjulang. Dimana dua karang besar yang mengapit di pantai ini, banyak dimanfaatkan oleh pegiat panjat tebing untuk merefleksikan hobi adventurenya. Sebagai wisatawan kita juga diperbolehkan untuk mencoba pendakian tebingnya, dengan syarat perlengkapan panjat yang lengkap yang telah disediakan.
batu karang di pantai siung
Dibandingkan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul, pantai Siung dapat dipakai untuk nge-camp atau mendirikan tenda di sepanjang pesisir pantai. Maka tidak ada salahnya jika anda ingin berwisata keluarga anda bisa membawa dome atau tenda. Hamparan pasir putih bekas karang yang
telah lapuk terhampar indah, begitu pula semilir angin samudera Hindia yang dapat menghempaskan kepenatan aktivitas kesibukan harian anda. Selain itu kita juga bisa menikmati air laut yang tenang, karena deburan gelombang laut tertahan oleh hamparan karang pantai yang ada, namun jika mau berenang tetep harus ekstra hati-hati dan waspada.
terlihat karang pantai yang menahan gelombang ombak
Waktu itu aku bersama teman-teman geografi mengadakan touring untuk perpisahan pengurus Hima Geografi 09, kita bareng-bareng dengan menggunakan motor beriringan untuk menuju pantai ini. Kalau untuk urusan pantai memang kabupaten Gunung Kidul memiliki banyak pantai yang indah dan menurutku tidak kalah juga dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Ketika itu kita menuju tebing yang dibawahnya terdapat rongga-rongga karang pantai, kemudian kita mengabadikan kebersamaan itu di sela-sela karang yang keras dan menakjubkan.
foto di sela-sela karang pantai siung
Pantai siung view perpaduan colour-nya sangat indah, kombinasi warna hijau, biru, putih agak kecoklat-coklatan, merupakan warna alami alam yang indah. Tebing karang yang angkuh dan hijau menjulang sangat memukau pemandangan waktu itu, rasanya ingin sekali untuk mendaki menyusuri tebing karangnya namun pada saat itu pengelola wisata untuk panjat tebing sedang tidak ada, jadi sangat sedih sekali. But menyusuri sepanjang garis pantai ini merupkan keindahan tersendiri untuk menikmati keindahan pantai siung. So, bagi yang belum pernah menyambangi pantai ini, wajib untuk meng-agendakan wisata pantai ke tempat ini.
dibalik tebing karang pantai siung
Ok ok, marilah kita selalu berkunjung ke tempat-tempat wisata yang menarik, karena kita tahu bahwa alam Indonesia sangatlah indah, kita diberkahi alam yang konon merupakan Zamrud Khatulistiwa dan kita patut bangga akan hal itu, untuk itu tidak ada salahnya kita selalu percaya bahwa alam kita memang indah tiada taranya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar