Senin, 30 Januari 2012

Pantai Goa Cemara yang Mempesona Jiwa

Masih dalam perjalanan hidup yang panjang, aku ingin selalu menyambangi tempat manapun yang memiliki lukisan alam yang indah. Dalam perjalanan ini aku percaya jiwaku akan menuntunku dan akan membuktikannya bahwa aku bisa keliling tempat-tempat wisata menarik di Nusantara ini. Sekedar mau share ma temen-temen bahwa di tempatku (Bantul) punya pantai yang unik, uniknya disini karena setiap pantai mempunyai karakteristik tersendiri dalam bentuk dan ciri-ciri fisik lainnya. Pantai ini unik karena di pesisir pantainya ditumbuhi vegetasi cemara laut yang lebat dan indah. Saking rimbun dan lebatnya vegetasi cemara laut pada pantai ini, apabila kita berjalan dibawah rimbunan pohonnya seakan-akan kita berjalan memasuki goa yang gelap dan lembab. Maka dari itu masyarakat setempat yang mereklamasi dan mengembangkan pantai wisata ini menamakan sebagai Pantai Goa Cemara.
cemara laut
Ketika waktu itu aku berjalan menyusuri rimbunan cemara laut diwaktu pagi hari yang masih fresh, aku membayangkan sepertinya view yang kayak gini kayak di luar negeri. Karena tau sendirikan vegetasi sejenis pohon berdaun jarum banyak terdapat di daerah yang beriklim sedang seperti di Eropa. Nah padahal ini hanya berada di daerah Bantul aja, di daerah pelosok selatan sana
aku bisa merasakan sensasinya view vegetasi berdaun jarum ini.
foto di ranting cemara laut
Masyarakat sekitar pantai memang dulunya yang berinisiatif untuk menanam cemara laut untuk menahan abrasi pantai, yang tentunya juga dibantu oleh dana pemerintah. Aku pikir juga dipilihnya cemara laut disini juga sebagai pengganti mangrove yang kini tinggal sedikit, dan sudah hilang tanpa ada bekasnya. Jenis pohon mangrove yang masih aku temukan disekitar pantai di sini cuma tinggal beberapa saja, bisa dihitung malah. Pikiranku kemudian dikembalikan dengan melihat keindahan sekeliling pantai goa cemara yang berwarna sayu-sayu coklat keabu-abuan. Ranting dan dahan tumbuhan cemara laut yang memberikan efek warna magic yang indah.
icha, anes dan momonway
Pokoknya intepretasi pantai yang memberikan sejuta warna magic keindahan yang sulit digambarkan. Pasir pantai sebagai media tumbuh tumbuhan ini banyak diseraki seresah daun cemara yang jatuh berserakan. Menjadikan pasir yang kita lewati mengandung, campuran berbagai bahan organik lainnya yang tentunya suatu saat nanti bisa menjadi kandungan yang bagus pada tanah. Sambil memanfaatkan view yang bagus kemudian perjalanan menuju deru ombak pantai segera dilanjutkan, deru ombak samudera Hindia yang tak henti-hentinya menderu mesra pada telinga kita. Memang ombak samudera Hindia ini memang angkuh tiada tara, sehingga kita harus tetep berhati-hati jika akan menikmati air lautnya.

Untuk temen-temen yang mau ke Bantul, jangan pernah ketinggalan untuk menyinggahi pantai goa cemara ini, karena yang pastinya tidak akan pernah rugi, jikalau berkunjung siang hari tentunya panas matahari akan membakar tubuh anda, but jangan khawatir karena anda bisa berteduh di rimbunnya cemara laut yang indah. Bye...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar