Jumat, 15 Maret 2013

Islam Prestasi Al Mubtadi-ien Junior High School


I proud to be a teacher, itu adalah kalimat pertamaku sebagai pembuka tulisanku di blog perjalananku ini. Tidak tau kenapa, sudah hampir 6 bulan aku mengajar di Sekolah yang benar-benar *SUPER* dalam berbagai hal terutama *Kreativitas*. Sepertinya aku benar-benar beruntung bisa ngajar di sekolah ini, karena sekolah ini benar-benar baru dalam proses perjuangan kearah kemajuan dan sekolah yang benar-benar memiliki *Big Dream* untuk menjadi sekolah Islam Prestasi yang besar dan terkenal di Indonesia. Sekolah ini bernama SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien Bantul, menurutku merupakan sekolah yang paling keren yang pernah ada.
SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien Bantul
Sekolah ini berdiri sekitar tahun 2010/2011 dan baru 3 tahun berdiri, jadi masih merupakan sekolah yang baru terutama di wilayah Bantul. Menjadi guru pengajar di sekolah ini menurutku menjadi suatu kesempatan emas bagiku untuk bereksplorasi bersama-sama siswa-siswa yang super kreatif dimana setiap paginya selalu meneriakkan yel-yel *motivasi semangat*. Keberadaan dan kehebatan semangat sekolah ini tidak terlepas dari sosok kepala sekolah yang sangat *ekspresif* dalam segala hal, karena kepala sekolah di SMP ini memiliki banyak ide-ide gila dan cemerlang untuk membuat suatu program-program kegiatan sekolah yang berbeda dengan sekolah lain, kemungkinan sekolah lain tidak memiliki kegiatan yang kami adakan.
SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien Bantul~apel pagi
Setiap pagi siswa-siswa kami berbaris di halaman untuk apel pagi yang dipimpin oleh ketua Osis, dimulai dengan membaca doa bersama, menyanyikan hafalan bahasa Ingris, dan meneriakkan yel-yel *motivasi semangat*, kemudian bapak Kepala Sekolah memberikan *pesan motivasinya* yang tak kan pernah habis untuk memberikan support kepada mereka. Walapun saat ini jumlah siswa kami baru sedikit tapi kami percaya suatu saat nanti pasti kita akan memiliki banyak siswa, namun apalah artinya kuantitas jika banyak namun tidak berkualitas.

Di sekolah kami pelajaran seninya sangat bagus, karena disini siswa dapat bebas berekspresi dalam berkarya selain itu praktek langsung dalam membuatnya tanpa kebanyakan *teori-teori* seperti yang banyak dilakukan oleh sekolah lain. Adapun kegiatan seni meliputi kegiatan membatik, melukis, kaligrafi, melukis celengan, melukis vas bunga. Selain itu juga ditunjang oleh guru seni yang sangat *nyentrik* lulusan dari kampus ISI Yogyakarta yang tentunya memiliki banyak *ide gila* juga dalam mengajari siswa-siswa kami.
SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien Bantul~Pelajaran Seni
Untuk mata pelajaran yang kemungkinan tidak ada di sekolah lain itu seperti *Pengembangan Diri* yang menurutku merupakan pelajaran yang membuat siswa-siswa kami dapat belajar secara real di lapangan, karena disini siswa-siswa mempraktekkan langsung. Dimana disetiap pertemuannya ada banyak hal yang dipelajari di mata pelajaran tambahan disini seperti budidaya jamur tiram, fotografi, membuat donat, menanam cabai, menanam ketela rambat, membuat sirup, latihan menjadi pemandu games outbond, kewirausahaan, dan tentunya masih banyak lagi. Untuk itu setiap hari Sabtu wajah-wajah mereka selalu ceria setiap ada mapel tambahan ini.
SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien Bantul~Cooking donat
Meskipun ada beberapa siswa kami yang secara akademis agak begitu kurang, namun dengan ditunjangnya dengan keterampilan lain di luar kemampuan akademis, maka siswa yang bersangkutan tidak akan menjadi minder. Prinsip kami apalah artinya nilai Matematika dapat 10 jika tidak memiliki keterampilan dan karya kreativitas lain.  Kami percaya bahwa *everychild are special*, ukuran kepandaian tidak hanya diukur oleh tingginya IQ, namun kami percaya ada 8 kecerdasan lain (multiple intelligences) yang dapat dikembangkan dari masing-masing individu siswa. Untuk itu sekolah kami menerima semua jenis karakter siswa, dari yang pintar, bodoh, tidak bisa matematika, hanya suka melukis, hanya suka beladiri, hanya suka sepakbola, ataupun yang bercita-cita pingin jadi seorang Kiai semuanya kami menerima dengan terbuka. Harapan dari kami dengan input yang bermacam-macam karakter kecerdasan siswa namun  nantinya outputnya akan kami jadikan sebagai *Pasukan Prestasi*.

Sekolah Islam Prestasi kami memiliki ruang kecil untuk mengembangkan budidaya jamur tiram, hal ini agar siswa kami dapat belajar dan praktek langsung bagaimana cara merawat dan membudidayakannya. Jika frekuensi hujan sedang deras-derasnya di musim penghujan semi tumbuhnya jamur ini sangat cepat. Sehingga dari hasil panen jamur bisa dimanfaatkan siswa-siswa kami untuk dimasak bersama. Menyenangkan bukan, menu jamur crispy, sup jamur, sate jamur dan lain sebagainya.
SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien Bantul~Budidaya jamur tiram
Pekarangan kecil di belakang sekolah, oleh Bapak Kepala Sekolah juga dimanfaatkan untuk pertanian, karena Kepala Sekolah kami memiliki prinsip *tanah Indonesia adalah tanah yang subur, jangan biarkan ada sejengkal tanahpun yang tidur*, (a good advice, I think) hal ini pun terbukti lahan kecil dibelakang sekolah kami ditanami cabai, ketela pohon, ketela rambat dan lain sebagainya.
SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien Bantul~Memetik hasil
Itulah sedikit cerita dan gambaran dari sekolah yang aku ajar, sekolah yang baru dalam tahap proses perjuangan, sekolah yang penuh motivasi dan sekolah yang penuh kegiatan kejutan. Harapan kami sangat besar yakni menjadikan Pasukan prestasi yang memiliki mental pemberani dalam segala bidang, tidak takut gagal, tidak mudah menyerah dan berani untuk selalu menggapai mimpi dan prestasi. Have a big dream and Keep Moving Forward!!! SMP Islam Prestasi Al Mubtadi-ien Bantul.

Jika kalian tertarik untuk informasi lebih jelasnya bisa langsung menuju website resmi sekolah kami di http://smp-islam-prestasi.co.nu
Terimakasih ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar