Selasa, 25 September 2012

Kawah Sikidang Dieng dengan Gejolak Panas Bumi yang Tampak

Pukul 14.15 waktu yang sudah cukup untuk menikmati objek Telaga Warna, kemudian kita melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus wisata sewaan menuju Kawah Sikidang.  Sepertinya masker menjadi kebutuhan pokok ketika mengunjungi tempat ini, karena bau belerang yang menusuk-nusuk dapat mengganggu organ pernapasan kita. Makanya masyarakat sekitar lebih memilih untuk menjadi penjual masker dari pada penjual Carica, he he. Di parkir area penjual masker ini pun laris manis dan tentunya mendapat keuntungan yang lumayan.
di Kawah Sikidang
Masih penasaran dengan kawah Sikidang, tapi masih sama kondisi fisiknya uap panas mengepul diberbagai titik, bau belerang yang menyengat seperti kondisi kalau kita naik gunung aktif. Dari fasilitas pariwisata, sepertinya banyak perkembangan yakni ada penyewaan sepeda BMW, foto dengan kuda, dan bunyi musik kesenian Dieng yang menggema di tepian kawah.
sewa sepeda BMW
Aku pikir kawah Sikidang semakin besar dan melebar, energi panas bumi yang bergejolak yang menyebabkan lumpur dengan air berakumulasi dan mendidih, semakin ngeri jika membayangkan terkena panasnya, aku pun tidak pernah berani mendekat hanya berani foto dari jarak yang jauh, he he.
gowes dengan sepeda BMW harus ekstra hati-hati
Lumayan juga jika menyewa sepeda BMW untuk gowes kecil-kecilan di sekitar kawah, harus ekstra hati-hati memang karena kalau tidak kita bisa jatuh pas titik uap yang mendidih, dan tentunya bisa gawat. Penyewaan sepeda BMW ini aku pikir bisa menjadi ide yang menarik karena bersepeda di kawah dengan medan jalan yang aneh yang dapat memacu adrenalin.
Kawah Sikidang yang semakin melebar
Selain itu harga sewa satu sepeda BMW yang hanya dengan tarif Rp 2000 tanpa ada batas waktu, namun aku yakin walaupun tidak ada batas waktu namun kebanyakan pengunjung tidak akan bertahan bersepeda dalam waktu satu jam, karena bau belerang yang menyengat sehingga kebanyakan penyewa hanya menyewa untuk foto-foto dan sekedar bersepeda di daerah kawah sebentar.
masker menjadi kebutuhan pokok, begitu pula saat berfoto

Setelah kita sudah yakin, kalau pernapasan kita sudah puas dengan bau belerang kita segera pergi dari tempat ini. Karena semakin lama semakin pusing juga, walaupun khasiat belerang bagus untuk kulit, namun tidak untuk pernapasan. Kita bersama segera melenggang pergi meninggalkan kawah Sikidang, sampai jumpa....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar