Sabtu, 03 Oktober 2015

Outdoor Study of Geography SMA N I Yogyakarta to PLTH Bayu Baru (Angin - Panel Surya) dan Biogas

Rabu, 9 September 2015 saatnya mengadakan pembelajaran di lapangan. Kebetulan kita berkesempatan melaksanakan PPL PPG SM3T di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta. Banyak sekali moment pengalaman yang kita dapatkan. Dari Menghadapi beberapa pertanyaan cemerlang siswa, sampai mengikuti kegiatan aksi yang dilakukan anak-anak Jayamahe. Mereka begitu aktif, kreatif dan curiousity
Metode scientific learning mudah sekali diterapkan di sekolah ini. Kualitas akademis mereka sangat mendukung. Ibu Damar Widiyani, S.Pd sebagai guru geografi di sekolah ini, selalu mengajak anak-anak untuk studi lapangan. Kita menganggap bahwa pembelajaran di luar kelas bagi mata pelajaran geografi begitu menyenangkan. Justru pembelajaran seperti ini yang membekas pada ingatan siswa. Siswa dapat belajar secara langsung, dan menemui secara fakta kondisi di lapangan.
Outdoor Study to PLTH Bayu Baru (Angin-Panel Surya)
Outdoor study sudah kita rancang, dari observasi, surat izin berkunjung, hingga menyiapkan, lembar kerja siswa untuk mereka kerjakan secara berkelompok. Ada 2 kelas yang mengikuti, XI IPS dan XI IPA 5. Karena outdoor study ini bersifat swadaya dan tidak memperoleh dana dari sekolah, jadi semua ditanggung biaya sendiri. Sekolah hanya menyediakan 1 mobil elv yang berisi 13-14 orang. Selebihnya menggunakan sepeda motor secara pribadi. Yang penting sampai di tempat tujuan dengan selamat. 
Jam 8.30 start berangkat menuju kantor workshop PLTH Bayu Baru yang beralamat di Srandakan, Bantul. Setelah satu jam perjalanan tibalah kita dan rombongan di kantor worksop. Kita disambut oleh pengelola dan beberapa siswa SMK yang sedang PKL di tempat tersebut. Kemudian kita diberikan materi pesentrasi terkait dengan sistem dan kinerja PLTH Bayu Baru. Presentasi ini membuat siswa tertarik dengan pengembangan energi alternatif yang sudah mulai dikembangkan di Indonesia.
presentasi dari pengelola PLTH Bayu Baru
Tentu saja timbul berbagai pertanyaan yang cemerlang dari siswa. Antusiasme pengetahuan mereka cukup luar biasa. Siswa IPA rata-rata tertarik pada teknik sistem kerja dari PLTH, dan siswa IPS tertarik pada kemanfaatan keberadaan PLTH bagi masyarakat.
pembuatan baling-baling
Setelah mendengar ulasan dari pengelola PLTH, saatnya menuju pantai Baru Pandansimo. Nah, disini siswa benar-benar lebih bersemangat lagi menuju lokasi PLTH. Dari jauh sudah terlihat beberapa kincir angin yang berderet. Terlihat mirip seperti Belanda, tapi masih dalam skala kecil. Suara berputarnya kincir memang terdengar, dan angin laut di sini bertiup sangat kencang. Untuk itu memang lokasi pantai ini sangat cocok untuk dikembangkan PLTH.
lokasi kincir angin PLTH Bayu Baru
Pengembangan energi alternatif memang sangat penting, siswa perlu dikenalkan potensi geografis Indonesia yang dapat dijadikan sebagai power. Kita tahu bahwa energi fosil (minyak bumi, gas alam dan batu bara) suatu saat akan habis. Saatnya untuk mengembangkan sumber energi alternatif.
Dari bagian teknik pengelola kita dijelaskan mengenai mekanisme cara kerja diperolehnya energi sampai hasil akhirnya diperoleh energi listrik. Pada PLTH ini energi angin dan energi dari panel surya digabungkan kemudian hasil output-nya berupa listrikyang disalurkan ke warga yang tinggal sekitar pantai Baru. Dimanfaatkan untuk irigasi, penerangan lampu bagi warung di pinggir pantai, dan pembuatan es balok bagi nelayan. Sangat bermanfaat memang.
Biogas
Kemudian kita lanjut ke biogas, di sekitar PLTH terdapat peternakan sapi warga. Dari kotoran sapi yang dihasilkan kemudian dikumpulkan dan disalurkan ke pipa yang nantinya di diamkan dan diubah menjadi gas. Gas ini bisa dimanfaatkan oleh warga untuk memasak. Keberadaan biogas ini juga dijadikan sebagai penelitian mahasiswa yang akan mengembangkan energi biogas selain untuk listrik dan memasak.
pemanfaatan biogas untuk memasak
Sudah sekitar 3 jam kita belajar mengambil informasi pengetahuan yang disampaikan. Benar-benar menyenangkan belajar di lapangan. Apalagi bersama anak-anak Teladan yang bersemangat luar biasa. Sampai bertemu di outdoor study berikutnya. (Amin Fitriyah*)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar